Ilmu Pkn atau Ilmu (Pendidikan Kewarganegaraan)
adalah bahasa latin disebutkan “Civis”, selanjutnya dari kata “Civis” ini dalam
bahasa Inggris timbul kata ”Civic” artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan.
Dari kata “Civic” lahir kata “Civics”, ilmu kewarganegaraan dan Civic
Education, Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Pkn atau Pendidikan
kewarganegaraan ini sering dianggap pelajaran yang tidak terlalu penting oleh
sebagian siswa di Indonesia karena tidak memberikan pengeruh ataupun kontribusi
yang besar bagi siswa oleh sebab itu penulis akan memberikan pemahaman
bagaimana pentingnya pelajaran Pkn ini khususnya dikalangan pelajar siswa ataupun
siswi Setiap kali kita mendengar kata kewarganegaraan, secara tidak langsung
otak merespon dengan pelajaran kewarganegaraan pada saat sekolah, dan mata
kuliah kewarganegaraan pada saat kita
kuliah. Bisa jadi kata kewarganegaraan di dalam memori otak tersimpan kuat
karena setiap tahun dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, ada
pelajaran kewarganegaraan yang harus dipelajari, dan ternyata saat kuliah juga ada. Dan di dalam bangku
perkuliahan kita akan mempelajari lebih dalam seberapa pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi kehidupan berbangsa dan
bernegara.
Pendidikan Kewarganegaraan menjadi mata pelajaran
setelah terpecah dari PPKn ataupun Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pada awalnya di gabung menjadi satu, karena isi dari Pendidikan Kewarganegaraan
sendiri besumber dari Pancasila itu sendiri. Selanjutnya di pecah menjadi mata
pelajaran sendiri karena Pendidikan Kewarganegaraan dianggap penting untuk di
ajarkan kepada siswa dan dalam Pendidikan Kewarganegaraan diajarkan materi
kewarganegaraan yang lebih luas dan tidak hanya bersumber langsung dari
Pancasila yang khususnya berada di Indonesia itu sendiri tetapi sangatlah luas
lagi.
Pelajaran Civics mulai diperkenalkan di
Amerika Serikat pada tahun 1790 dalam rangka “mengamerikakan bangsa Amerika”
atau yang terkenal dengan nama “Theory of Americanization”. Sebab seperti
diketahui, bangsa Amerika berasal dari berbagai bangsa yang datang di Amerika
Serikat dan untuk menyatukan menjadi bangsa Amerika maka perlu diajarkanCivics bagi
warga negara Amerika Serikat. Dalam taraf tersebut, pelajaran Civics membicarakan
masalah ”government”, hak dan kewajiban warga negara dan Civics merupakan
bagian dari ilmu politik.
Di dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 1989 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, yang dipakai sebagai dasar penyelenggaraan
pendidikan tinggi pasal 39 ayat (2) menyebutkan bahwa isi kurikulum setiap
jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajin memuat a) Pendidikan Pancasila, b)
Pendidikan Agama, dan c) Pendidikan Kewarganegaraan yang mencakup Pendidikan
Pendahuluan Bela Negara (PPBN). ( 14 – 03 – 2016 http://cenlecen.blogspot.co.id/2011/11/makalah-ppkn.html)
oleh karena itu pelajaran Pkn sangatlah penting bagi seluruh Siswa karena dalam
isi pembelajarannya Siswa banyak di tuntun untuk mempelajari tentang Negara,
undang-undang, Sistem Pemerintahan, Idelogi negara, dan lain sebagainya Tujuan
Pendidikan Kewarganegaraan adalah mewujudkan warga negara sadar bela negara
berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri
dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa dan bernegara. (14- 03 -2016 https://setyoelins.wordpress.com/pentingkah-pendidikan-kewarganegaraan-bagi-mahasiswa/)
serta mengenal secara menyeluruh profil
lengkap dari suatu negera itu baik dari Sistem Pemerintahannya, Idealoginya,
Kebudayaannya, dan lain sebagainya.
Berbagai perubahan yang di alami dalam
pengimplementasian Pkn sebagaimana di lihat dari sejarah ilmu Pendidikan
kewaraganegaraan ini pula banyak mengalami perubahan nama antara lain :
PadaTahun 1956 di kenal dengan ( Kewarganegaraan)
Pada Tahun 1959 di kenal dengan (Civics )
Pada Tahun
1968 di kenal dengan ( Pendidikan Kewarganegaraan)
Pada Tahun 1975 di kenal dengan ( Pendidikan Moral
Pancasila )
Pada Tahun 1994 di kenal dengan ( Pendidikan
Pancasila Kewarganegaraan )
Sedangkan Pada Tahun 2003 yang mengacu pada UU. No
23 Tahun 2003 ( Pendidikan Kewarganegaraan) (14- 03 -2016 https://endriyb.wordpress.com/2011/03/07/sejarah-pendidikan-kewarganegaraan-di-indonesia/)
melihat penjelasan diatas maka penulis dapat menyimpulkan pentingnya pelajaran
Pkn tersebut yang mengacu pada nilai-nilai positif khususnya dalam menjalankan
peran masing – masing selaku warga Negara yang Peduli, Adil, Berguna bagi
Negara, serta meningkatkan kualitas manusia yang berbudi luhur, berkepribadian,
mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, professional,
bertangungg jawab, dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani.
DAFTAR PUSTAKA
2 komentar:
bagus bro
tampilan baguss ne broo
Posting Komentar