About

Pentingnya Pelajaran Pkn bagi seluruh Siswa dan Siswi

Senin, 14 Maret 2016


Ilmu Pkn atau Ilmu (Pendidikan Kewarganegaraan) adalah bahasa latin disebutkan “Civis”, selanjutnya dari kata “Civis” ini dalam bahasa Inggris timbul kata ”Civic” artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata “Civic” lahir kata “Civics”, ilmu kewarganegaraan dan Civic Education, Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Pkn atau Pendidikan kewarganegaraan ini sering dianggap pelajaran yang tidak terlalu penting oleh sebagian siswa di Indonesia karena tidak memberikan pengeruh ataupun kontribusi yang besar bagi siswa oleh sebab itu penulis akan memberikan pemahaman bagaimana pentingnya pelajaran Pkn ini khususnya dikalangan pelajar siswa ataupun siswi Setiap kali kita mendengar kata kewarganegaraan, secara tidak langsung otak merespon dengan pelajaran kewarganegaraan pada saat sekolah, dan mata kuliah kewarganegaraan  pada saat kita kuliah. Bisa jadi kata kewarganegaraan di dalam memori otak tersimpan kuat karena setiap tahun dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, ada pelajaran kewarganegaraan yang harus dipelajari, dan ternyata saat  kuliah juga ada. Dan di dalam bangku perkuliahan kita akan mempelajari lebih dalam seberapa pentingnya Pendidikan  Kewarganegaraan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Pendidikan Kewarganegaraan menjadi mata pelajaran setelah terpecah dari PPKn ataupun Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pada awalnya di gabung menjadi satu, karena isi dari Pendidikan Kewarganegaraan sendiri besumber dari Pancasila itu sendiri. Selanjutnya di pecah menjadi mata pelajaran sendiri karena Pendidikan Kewarganegaraan dianggap penting untuk di ajarkan kepada siswa dan dalam Pendidikan Kewarganegaraan diajarkan materi kewarganegaraan yang lebih luas dan tidak hanya bersumber langsung dari Pancasila yang khususnya berada di Indonesia itu sendiri tetapi sangatlah luas lagi.
Pelajaran Civics mulai diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1790 dalam rangka “mengamerikakan bangsa Amerika” atau yang terkenal dengan nama “Theory of Americanization”. Sebab seperti diketahui, bangsa Amerika berasal dari berbagai bangsa yang datang di Amerika Serikat dan untuk menyatukan menjadi bangsa Amerika maka perlu diajarkanCivics bagi warga negara Amerika Serikat. Dalam taraf tersebut, pelajaran Civics membicarakan masalah ”government”, hak dan kewajiban warga negara dan Civics merupakan bagian dari ilmu politik.
Di dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dipakai sebagai dasar penyelenggaraan pendidikan tinggi pasal 39 ayat (2) menyebutkan bahwa isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajin memuat a) Pendidikan Pancasila, b) Pendidikan Agama, dan c) Pendidikan Kewarganegaraan yang mencakup Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). ( 14 – 03 – 2016 http://cenlecen.blogspot.co.id/2011/11/makalah-ppkn.html) oleh karena itu pelajaran Pkn sangatlah penting bagi seluruh Siswa karena dalam isi pembelajarannya Siswa banyak di tuntun untuk mempelajari tentang Negara, undang-undang, Sistem Pemerintahan, Idelogi negara, dan lain sebagainya Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah mewujudkan warga negara sadar bela negara berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa dan bernegara. (14- 03 -2016 https://setyoelins.wordpress.com/pentingkah-pendidikan-kewarganegaraan-bagi-mahasiswa/) serta  mengenal secara menyeluruh profil lengkap dari suatu negera itu baik dari Sistem Pemerintahannya, Idealoginya, Kebudayaannya, dan lain sebagainya.
Berbagai perubahan yang di alami dalam pengimplementasian Pkn sebagaimana di lihat dari sejarah ilmu Pendidikan kewaraganegaraan ini pula banyak mengalami perubahan nama antara lain :

PadaTahun 1956 di kenal dengan ( Kewarganegaraan)
Pada Tahun 1959 di kenal dengan (Civics )
Pada Tahun  1968 di kenal dengan ( Pendidikan Kewarganegaraan)
Pada Tahun 1975 di kenal dengan ( Pendidikan Moral Pancasila )
Pada Tahun 1994 di kenal dengan ( Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan )
Sedangkan Pada Tahun 2003 yang mengacu pada UU. No 23 Tahun 2003 ( Pendidikan Kewarganegaraan) (14- 03 -2016 https://endriyb.wordpress.com/2011/03/07/sejarah-pendidikan-kewarganegaraan-di-indonesia/) melihat penjelasan diatas maka penulis dapat menyimpulkan pentingnya pelajaran Pkn tersebut yang mengacu pada nilai-nilai positif khususnya dalam menjalankan peran masing – masing selaku warga Negara yang Peduli, Adil, Berguna bagi Negara, serta meningkatkan kualitas manusia yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, professional, bertangungg jawab, dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani.
DAFTAR PUSTAKA






2 komentar:

Arian mengatakan...

bagus bro

Unknown mengatakan...

tampilan baguss ne broo

Posting Komentar